PENGAWAS PERIKANAN

Maret 11, 2011 pukul 2:06 pm | Ditulis dalam AQUACULTURE | Tinggalkan komentar

PERKUAT PENGAWASAN DI WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL, KKP BENTUK POLSUS PWP3K

Wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil merupakan wilayah yang rentan mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber dayanya atau akibat bencana alam. Selain itu, akumulasi dari berbagai kegiatan eksploitasi yang bersifat parsial/sektoral di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil atau dampak kegiatan lain di hulu wilayah pesisir yang ada sering menimbulkan kerusakan sumber daya.

Mengingat kerentanan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil tersebut, maka Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (PWP3K), yang mengamanatkan pentingnya pengawasan dan pengendalian pemanfaaatan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Seiring dengan dengan amanat Pasal 36 ayat (4) dan Pasal 39 UU 27/2007, dan untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara terpadu dan berkelanjutan, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menerbitkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 12/PERMEN-KP/2013 tentang Pengawasan Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, yang ditandatangani pada tanggal 21 Juni 2013.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan ini merupakan payung hukum untuk lebih memperkuat landasan pengawasan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal PSDKP. “Dengan terbitnya Peraturan Menteri ini, kami akan lebih meningkatkan pengawasan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil”, ungkap Direktur Jenderal PSDKP, Syahrin Abdurrahman.

Selanjutnya, Syharin, mengutarakan bahwa saat ini masih sering dijumpai berbagai bentuk pemanfaatan sumber daya di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang tidak tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan cenderung mengakibatkan kerusakan sumber daya, seperti kegiatan penangkapan ikan dengan bahan beracun, bahan peledak, dan bahan berbahaya lainnya. Selain itu, pemanfaatan pesisir dan pulau-pulau kecil sering tidak mengindahkan zonasi yang telah ditentukan, bahkan melakukan kegiatan yang dilarang di kawasan konservasi perairan. “Dengan kewenangan kepolisian khusus (Polsus) yang diberikan kepada Pengawas PWP3K dalam Peraturan Menteri ini, diharapkan masyarakat akan semakin patuh terhadap peraturan perundang-undangan dibidang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang berlaku”, tegas Syahrin.

Peraturan Menteri KP 13/2013 ini menyebutkan bahwa pengawasan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dilaksanakan oleh pejabat pegawai negeri sipil tertentu yang berwenang sesuai dengan sifat pekerjaannya, dan diberikan wewenang kepolisian khusus, dan selanjutnya disebut Polsus PWP3K. Kewenangan yang dimiliki oleh Polsus PWP3K yaitu mengadakan patroli/perondaan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil atau wilayah hukumnya, serta menerima laporan/pengaduan yang menyangkut perusakan ekosistem pesisir, kawasan konservasi, kawasan pemanfaatan umum, dan kawasan strategis nasional tertentu. Apabila alam patroli/perondaan ditemukan adanya kegiatan yang patut diduga adanya perusakan/pelanggaran, maka Polsus PWP3K dapat melakukan pemeriksaan kesesuaian dokumen rencana zonasi dengan pemanfaatan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, pengambilan contoh/sampel dari suatu tempat kejadian, meminta informasi dan/atau keterangan dari berbagai pihak terkait, dan melakukan tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran peraturan perundang-undangan dibidang PWP3

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.008 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: