Primadona Ikan Konsumsi

November 8, 2009 pukul 10:08 am | Ditulis dalam Primadona Konsumsi | 27 Komentar
Tag:

YANG POTENSIAL DIBUDIDAYAKAN SEA FARMING

diolah dari berbagai sumber

BUKAN KERAPU BEBEK YANG DIBUDIDAYA DJAYA SURYANA PADA 20 KARAMBA JARING APUNG (KJA) MILIKNYA DI PADANGCERMIN, TELUK LAMPUNG. DJAYA MENEBAR KERAPU KERTANG.

Kerapu bebek Cromileptes altivelis selama ini paling banyak dibudidayakan di Teluk Lampung. Maklum, inilah kerapu dengan harga jual menggiurkan. Pengepul berani membeli seharga Rp350.000-Rp500.000 per kg. Kerapu-kerapu itu mayoritas masuk pasar ekspor. Negara penyerap utama adalah Hongkong, China, dan Taiwan.

Sejatinya tak hanya kerapu bebek yang dibudidayakan. Kerapu macan Epinephelus fuscoguttatus dan lumpur E. coioides juga kelompok kerapu demersal yang sukses dibudidayakan peternak tanahair.

Harganya? Memang jauh dibanding kerapu bebek, macan Rp80.000-Rp130.000/kg dan lumpur Rp60.000 per kg. Toh jenis-jenis itu tetap diserap pasar mancanegara.

Kertang termasuk jenis kerapu yang diminati pasar. Harganya berkisar US$9-US$9,5 setara Rp106.560-Rp112.480 (kurs rupiah US$=Rp11.840) per kg. Sayangnya kerapu yang dapat mencapai bobot 500 g per ekor dalam tempo 6-7 bulan itu masih mengandalkan tangkapan alam. Belakangan Balai Budidaya Laut (BBL) Lampung sukses menangkarkan jenis yang dilirik konsumen Singapura, Jepang, dan Taiwan itu.

Indonesia kaya jenis kerapu. Paling tidak terdapat 46 jenis anggota keluarga Serranidae itu yang tersebar di seluruh laut Nusantara. Semua ikan yang kaya kandungan protein antara lain Eicosapentaenoat Acid (EPA) dan Deicosahencanoic Acid (DHA) itu berprospek untuk dibudidayakan. Namun, sejauh ini hanya beberapa yang telah dicoba karena memiliki nilai ekonomi tinggi seperti kerapu bebek, macan, dan lumpur. Belakangan jenis kertang mulai dilirik.

Kertang Epinephelus lanceolatus

Kertang Epinephelus lanceolatus memiliki beberapa kelebihan. Ia tahan perubahan lingkungan dan penyakit. Giant grouper-sebutan kertang di Inggris-mampu hidup pada salinitas rendah, berkisar 5-33 ppt; kerapu lain umumnya 31-34 ppt. Laju pertumbuhan kertang cepat. Untuk mencapai ukuran 5-7 cm dibutuhkan 25-35 hari. Kertang dewasa dapat mencapai panjang tubuh 3 m. Di Indonesia kertang tersebar di perairan Padang, Bengkulu, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Bawean, Flores, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Sunu Plectropomus leopardus

Ikan yang dikenal sebagai coral trout-kerapu karang-ini punya ciri corak warna merah atau cokelat kehijauan bertotol biru. Sunu Plectropomus leopardus dewasa, umur 4 tahun atau lebih, dapat mencapai panjang 35-120 cm dengan bobot sampai 9 kg/ ekor. Harga sunu lebih mahal dibanding kertang, mencapai Rp189.440-Rp307.840 per kg. Sunu di tanahair terdapat di Padang, Bengkulu, Teluk Banten, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Bawean, Sulawesi Utara, Kepulauan Sangir, Ternate, Bacan, Ambon, Banda, Kepulauan Kei, dan Flores.

Lodi

Fisiknya mirip sunu, tapi totol warna birunya lebih jarang. Ikan berdaging lembut ini dapat mencapai panjang 70 cm dengan bobot 6 kg/ekor. Harganya sama dengan sunu. Penyebaran lodi Plectropomus maculatus selama ini ada di Padang, Nias, Sibolga, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Sulawesi Selatan, Teluk Banten, Halmahera, dan Ternate.

Malabar Epinephelus malabaricus

Sosoknya mirip lumpur E. coioides. Tubuhnya memanjang dan gilik dengan warna dasar abu-abu muda dan bintik-bintik di tubuh. Bedanya, bintik malabar hitam dan ukurannya lebih kecil. Malabar Epinephelus malabaricus yang mudah dijumpai di perairan karang, muara, mangrove, dan perairan berlumpur itu dapat mencapai panjang 115 cm dan bobot 25 kg/ekor. Malabar banyak terdapat di Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Bawean, Padang, Bengkulu, Nias, Aceh, Sumatera Utara,

Batu Cephalopholis boenack

Kerapu jenis ini hidup di sela-sela karang mati. Tubuhnya berwarna dasar cokelat dengan pita-pita vertikal hitam pucat. Kerapu yang hidup di perairan dangkal hingga kedalaman 30 m itu ukurannya relatif kecil, sekitar 22 cm. Nah, sejak populasi kerapu-kerapu besar di Hongkong menurun drastis, kerapu batu Cephalopholis boenack menjadi buruan nelayan. Di Indonesia, brown coral cod ini tersebar di perairan pantai barat Sumatera, Bangka, Belitung, Kalimantan Timur, Kepulauan Seribu, Karimunjawa, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Buru, dan Ambon. Sumber: Trubus.

 

27 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Assalamu’alaikum.

    salam, bangga membangun perikanan kaltim.

    wow, cukup menarik dan bagus dari semua ertikelnya yang kamu tulis sobat. jujur ku tertarik tuk membaga dan mencobanya. yaaa pelan2 aj nanti.
    aku dah buka dan baca2 walau tidak semuanya.
    jujur satu nilai tambah dari blog mu adalah tampilan videonya, hanya saja ketika diputar agak lambat,.
    oya, 1 lagi. klo bisa tiap artikel jenis ikan dibuatkan link jadi para pembaca tidak bingung. ketika mau liat cara budidaya ikan lele tinggal kelik lele, begitu seterusnya.
    hmmm yang kutau tu tetap jadi 1 blog/ lembaran hanya saja dibuat link berdasarkan nama jenis ikan. tapi ada juga yang dibuat terpisah.

    Suka

  2. oy, dedy klo ngambil bibit ikan dimana terutama ikan mas dan nila serta lele. terus informasi harganya juga.

    terus untuk nila gesit gitu cocok ga buat di keramba. dah pernah coba ah dedy nya.

    Suka

  3. terus maju dan terus berkeratifitas sobat. tar kita saling tukar informasi. oke

    Suka

    • salam sobat.
      info sementara dari uji coba probiotik raja lele secara kasat mata hasil lumayan. tapi aku belum teliti dan uji sesuai prosedur yang ada.
      rencana bulan depan. untuk saat ini ku baru aku baru mempersiapkan wadahnya dan perlengkapannya.

      oy, aku juga sementara kesibukan disamping kontrol ikan juga survey pembudidaya ikan media keramba/ kolam di kab. berau. semntara aku dapat 19 pembudidaya media keramba.

      kedepan mereka adalah terget untuk suplay bibit.
      hmmm aku juga di berau jadi distributor bibit ikan. nama krennya FISHERY GROUP tapi dikelola sendiri.

      terus maju dan kembangkan perikanan kaltim

      Suka

  4. oy, bagaimana cara dowload video di web mu.
    mohon info juga balai spesialis udang galah
    aku mau coba. ku tertarik banget. penasaran juga.

    tank sebelumnya sobat

    Suka

  5. saya jual CD cara budidaya udang yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    Suka

  6. saya jual bibit ikan bawal dan patin nie..dan juga jual ikan konsumsi,,,

    HuB:085719405570
    Email:as_draw@yahoo.com
    Lokasi Bogor

    Suka

    • maaf trims atas kunjunganya nanti saya masukkan penawaran anda di info harga maaf mas kalo bisa cantumin harga sekalian mas

      Suka

  7. Salam
    Kami berminat bududaya lobster air tawar.apa ada VCD tetntang Teknik bududaya lobster air tawar?mohon diberi infonya
    Tank’s

    Suka

    • maaf silahkah bubungi bapak cuncun setiawan Bagi yang kesulitan utk datang pada pelatihan yang kita adakan secara langsung maka kami menyediakan pelatihan Jarak Jauh yang dapat diikuti siapa saja diseluruh Indonesia maupun luar Indonesia

      1) Pelatihan Jarak Jauh Paket LENGKAP

      Fasilitas yang akan dikirim via TIKI/ FedEx/POS Indonesia :

      + 1 Film Pelatihan & Kunjungan ke Pusat Pembenihan & Pembesaran

      + 5 Film Profil Usaha Lobster Air Tawar (TransTV, SCTV, TVRI, RCTI dll)

      + 1 Film Tahap-tahap Pemeliharaan, perkawinan, pembenihan & Pembesaran

      Total 7 Film didalam 3 keping VCD

      + 1 Buku Panduan

      + 2 CD berisi ratusan Gambar/Photo Kolam2 Lobster Air Tawar (LAT), Jenis2 LAT, LAT Kawin & Bertelur, Cara Packing utk kirim lokal & eksport dll Presentasi Power Point

      Biaya Rp.499.000 / Paket + Ongkos kirim Rp.10rb

      Total Transfer Rp.509rb

      (Kecuali daerah Papua)

      2) Pelatihan Jarak Jauh Paket Ekonomi

      + 1 Buku Panduan

      + 5 Film Profil Usaha Lobster Air Tawar (TransTV, SCTV, TVRI, RCTI dll)

      + 1 Film Tahap-tahap Pemeliharaan, perkawinan, pembenihan & Pembesaran

      Total 6 Film didalam 2 Keping VCD

      Biaya Rp.100.000 / Paket

      (sudah termasuk ongkos, Kecuali daerah Papua)

      Biaya Training Jauh di Transfer ke :

      Rekening Bank BCA, cabang Ciputat, Tangerang

      No.0671.06.555.6, A/n. CunCun Setiawan

      Rekening Bank Mandiri, Cabang Bintaro, Tangerang

      No.128-000-432-701-8, A/n. CunCun Setiawan

      Konfirmasi setelah Transfer, SMS ke 0812.80.989.08

      Jumlah transfer ? ke BCA atau Bank Mandiri ?

      ketik “Training Jarak Jauh”, Nama peserta Training, Alamat pengiriman paket Training

      (Alamat pengiriman selengkap mungkin, dengan kode pos jika ada)

      Paket dikirim via pos

      Peserta Training Jarak Jauh dapat melakukan kunjungan ke lokasi Pembenihan di Jakarta kapan saja, untuk melihat secara langsung.

      Keterangan lebih lanjut, Hubungi kami :
      Pusat Pelatihan, Budidaya & Jual Beli Lobster Air Tawar (BFC Farm)
      Kp.Tegal Rotan Rt.01/07 No.49

      Desa Sawah Baru, Ciputat
      Tangerang

      (Belakang Bintaro Trade Center Sektor VII)
      Bintaro Jakarta Selatan

      021.707.66.44.2, 021.9811.22.59, SMS & Telp (Bpk. Wawan)

      0812.80.989.08 (SMS atau Telp)

      Email : lobsterairtawar001@yahoo.com tentang VCD budidaya LAT bisa kirim jarak jauh+training dan member semoga bermanfaat.

      Suka

  8. salam..mas dedy saya punya kelompok perikanan di Palembang yg memproduksi ikan patin liar/asli sungai musi..tapi saya kesulitan untuk penjualan hasil kerambah apung yg saya bina..mohon bantuan. trims

    Suka

    • maaf mas yudi mungkin anda harus mempromosikan produk ada melaui berbagai pameran dan event dad produk anda dikemas dalam nenerapa [produk olahan seperti villet, abo, bakso ikan patin dll agar konsumen lebih banyak pilihan pak untuk produk olahanaya sedangkan untuk ikan segar anda bisa drop ke pasar, RM, Restoran dll

      Suka

  9. assalamu alaikum, maaf, mohon info penjual bibit ikan kerapu tikus dan epinephelus merra… thanks

    Suka

    • maaf, pak silahkan hub BBL (Balai Budidaya Laut) LAmpung Atau BBAP Gondol Bali alamat ada pada direktori alamat penting di blog saya semoga informasi bermanfaat salam kenal dan semoga sukses

      Suka

  10. aslmkm, mas apakah sy bisa minta no tlp atau alamat distributor kepiting lunak?

    Suka

    • maaf pak untuk sementara waktu saya belum memiliki datanya silahkan bapak hub dinas kelautan dan perikanan setempat mereka pasti punya datanya terimakasih atas kunjunganya

      Suka

  11. Salam Kenal Pak Dedy,

    Saya mau memulai usaha budidaya ikan kerapu dalam skala produksi pembenihan, pendederan dan keramba jaring apung. Mohon informasinya sekiranya ada CD tutorial atau rekaman video teknik pembudidayaan ke tiga skala produksi tersebut. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

    Rgds, Tannaya.

    Suka

    • maaf, saya tidk memliki data yang anda maksud namun jika bapak berminat silahkan hubungi BALAI BUDIDAYA LAUT BATAM Jl. Raya Balerang, Jembatan III Pulau Setoko PO BOX 60 Sekupang – Batam 29422

      Telp. 0778-381258
      Fax. 0778- 7027624

      atau
      BALAI BUDIDAYA LAUT LAMPUNG Jl. Yos Sudarso, Desa hanura, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran
      Lampung Selatan 35454

      Telp/fax. 0721-471379

      semoga bermanfaat

      Suka

  12. saya mau jual ikan betutu hidup macam-macam ukuran
    kapasitas /minggu 50-100kg
    asal ikan danau/sungai tondano
    minahasa sulawesi utara
    yang berminat
    hub :081356926345
    email : udhy_jaton@yaho.com

    Suka

  13. saya mau jual ikan betutu hidup macam-macam ukuran
    kapasitas /minggu 50-100kg
    asal ikan danau/sungai tondano
    minahasa sulawesi utara
    yang berminat
    hub :081356926345
    email :udhy_jaton@yahoo.com

    Suka

  14. saya menjual kepiting laut. harga blm termasuk ongkos kirim
    JENIS KEPITING
    SIZE/ Gram HARGA/ Rp
    200 50,000
    300 60,000
    400 68,000
    500 – 700 86,000
    800 106,000
    900 110,000
    1000 UP 120,000

    untuk info bisa hub di nmr: 081 252 160 499
    trimakasih semoga bermanfaat

    Suka

  15. mohon diperbaru terus hasil risetnya,

    Suka

  16. maav .. pada tanggal postingan ini mungkin sudah lama .. jadi tolong di perbarui untuk info yang baru ..

    Suka

    • maaf, trimakasih atas saranya akan saya usahakan

      Suka

  17. menjual benih lele masamo (dgn lisensi dari PT.matahari sakti),melayani pengiriman ke seluruh indonesia*.

    hub : anton

    email : antonmasamo@yahoo.com/antique_ghost@yahoo.com

    hp : 081379517207

    *harga dll tergantung daerah pengiriman

    Suka

  18. Nana saya teguh, saya mau tanya budidaya ikan kerapunapakah bisa di ternate ?

    Suka


Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.