WARTA PASAR

Salah satu strategi yang dikembangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menyukseskan industrialisasi perikanan adalah memperluas akses pasar produk perikanan baik di tingkat global maupun domestik. Demikian dikemukakan Menteri KP Bapak Sharif C. Sutardjo dalam kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bersama Kongres Organisasi Wanita Indonesia (KOWANI) dan Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) di Kantor KKP, Jakarta, awal Mei lalu.

Terkait hal itu, sebagai langkah strategis guna memperluas serapan pasar domestik, KKP secara intensif dan kontinu menyosialisasikan kampanye makan ikan melalui program Safari Gemarikan dan Bazar Produk Perikanan. “Kampanye dan bazar ini selain sebagai sarana penjualan juga merupakan sarana yang efektif untuk mempromosikan produk-produk perikanan khususnya yang berasal dari komoditas atau produk industrialisasi kepada masyarakat luas,” ujar Menteri KP.

Sekadar mengingatkan, Safari Gemarikan merupakan kegiatan promosi peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat luas yang dimotori oleh KKP. Kegiatan ini menitikberatkan pada penyampaian informasi dan pemberian edukasi kepada masyarakat tentang makan ikan dan manfaatnya bagi kesehatan, kekuatan, dan kecerdasan segenap warga bangsa Indonesia.

Sementara itu, bazar produk perikanan merupakan kegiatan promosi yang diinisiasi oleh KKP guna meningkatkan citra produk perikanan sekaligus memfasilitasi para pelaku usaha untuk mempromosikan produk mereka, khususnya yang telah ditetapkan sebagai komoditas atau produk perikanan industrialisasi seperti bandeng, patin, pindang, udang, tuna, dan rumput laut.

Kegiatan Safari Gemarikan itu sendiri dimotori oleh Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) yang anggotanya berasal dari berbagai instansi terkait, baik pemerintah, swasta, perguruan tinggi, asosiasi perikanan, organisasi profesional, serta organisasi keagamaan dan kemasyarakatan. Dalam implementasinya, program ini dilaksanakan secara terstruktur, mulai dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Menteri KP Bapak Sharif C. Sutardjo meyakini bahwa kegiatan ini akan dapat menggairahkan dan mendorong akselerasi peningkatan konsumsi ikan per kapita nasional. “Kampanye Gemarikan akan meningkatkan indeks per kapita konsumsi ikan dan pemerataan konsumsi ikan di masyarakat, khususnya di Pulau Jawa yang saat ini rata-rata tingkat konsumsi ikannya masih di bawah 20 kilogram per kapita per tahun,” jelas Bapak Sharif. Sampai saat ini, konsumsi ikan per kapita nasional terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, setidaknya dalam lima tahun terakhir. Pada 2009, tingkat konsumsi ikan per kapita nasional mencapai 29,08 kilogram. Angka ini meningkat menjadi 30,47 kilogram per kapita pada 2010. Dan pada 2011, tingkat konsumsi ikan per kapita nasional kembali naik menjadi 31,64 kilogram. Meskipun demikian, konsumsi ikan per kapita nasional Indonesia harus terus ditingkatkan mengingat masih jauh di bawah tingkat konsumsi ikan per kapita negara lain seperti Malaysia yang mencapai 45 kilogram/tahun atau Thailand yang mencapai 35 kilogram/tahun.

Menteri KP menambahkan, dalam konteks pembangunan kelautan dan perikanan, pasar dalam negeri memainkan peran yang sangat penting, yakni sebagai penghela industrialisasi perikanan, basis ketahanan pangan dan gizi nasional, serta memiliki forward and backward linkagesyang sangat besar. “Pasar dalam negeri saat ini menyerap 85 persen volume produksi perikanan nasional,” ungkapnya. Karena itu, untuk memperbaiki citra produk perikanan di pasar dalam negeri serta meningkatkan konsumsi ikan sekaligus akses pasar dalam negeri, KKP memberikan bantuan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran hasil perikanan kepada pemerintah daerah dan pelaku usaha. Bantuan ini ditujukan untuk mempertahankan mutu produk perikanan dan mengembangkan produk olahan hasil perikanan. Selain itu, guna mencetak generasi yang suka makan ikan, Gemarikan akan terus dikampanyekan menjadi sebuah gaya hidup (life style) masyarakat Indonesia. Pola makan yang sehat dengan menu ikan yang dikonsumsi sejak usia dini akan berpengaruh terhadap pola makan dan kesehatan pada masa dewasa. Perlu diketahui, salah satu komponen gizi dalam ikan yang berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan ialah Docosa-hexaenoicacid(DHA), yaitu asam lemak tak jenuh ganda berupa rantai panjang Omega-3, terdiri dari 22 atom karbon, 32 atom hydrogen, dan 2 atom oksigen. Sementara itu, terkait peningkatan pendapatan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia (SDM), pening-katan konsumsi ikan per kapita nasional diharapkan pula dapat mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia. Berdasarkan data The United Nations Development Programme (UNDP) tahun 2011, IPM Indonesia masih terbilang rendah, yakni berada di urutan 124 dari 187 negara. Oleh karena itu, Menteri KP berharap kampanye Gemarikan dapat memperkuat investasi di bidang kesehatan dan perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Dalam kesempatan kali itu, kegiatan Safari Gemarikan yang dilaksanakan bersama KOWANI dan BMOIWI pada 1 Mei 2012 ini menghadirkan sekitar 1.000 tamu undangan. Selain pejabat Eselon I di lingkup KKP dan pejabat Eselon II di lingkup Ditjen P2HP, kegiatan ini juga menghadirkan para Kepala Dinas KP di wilayah Jabodetabek plus Sukabumi dan Indramayu serta Kepala Dinas KP di wilayah provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta. Selain itu, kegiatan yang bertempat di Gedung Mina Bahari III Ball Room KKP ini dihadiri pula ratusan pengurus dan anggota KOWANI, BMOIWI, pimpinan perusahaan skala besar serta para pelaku usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan. Selain acara seremonial, kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB ini dimeriahkan dengan berbagai acara seperti Bazar Produk Perikanan, Pelatihan Pengolahan Siomay dan Bakso, Demo Memasak Ikan, serta Ceramah dan Tanya Jawab tentang Manfaat Ikan bagi Kesehatan Jantung dan Pembulu Darah. Dalam seremonial kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri KP Bapak Sharif C. Sutardjo itu, turut memberikan sambutan yakni Ketua Umum KOWANI Dr. Dewi Motik Pramono, M.Si dan Ketua Umum BMOIWI Ummu Kalsum, SH. Sumber : http://www.wpi.kkp.go.id/

61 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya mau tanya tentang harga benih ikan buntal air tawar? biasa nya benih ikan buntal yang siap untuk di jual itu ukuran berapa?
    terima kasih…

    Suka

    • maaf,mbak atau mas untuk benih saya kurang tau tapi untuk ukuran sedang harganya kurang lebih Rp.10.000/Ekor dan tergantung wilayah harga bervariasi untuk benih yang siap jual ukuran M (Medium) sudah bisa di jual

      Suka

    • maaf untuk ikan buntal air tawar (puffer fish green spotted) ukuran 4 cm harganya Rp.1500harganya info lebih lanjut silahkan kontak Hub: 081332279557

      Suka

      • maaf om,,itu nomer hp penjualnya ya?..
        i pekanbaru ada ga ya om jual ikan buntal?

        Suka

        • maaf silahkan call aja dlu biasanya bisa kirim luar pulau kok
          di pekan baru kayaknya ada

          Suka

      • bs d kirim k daerah ciledug ngga?

        dan ada yg ukuran 10cm?
        berapa yah?

        Suka

      • kalau boleh tau tempat perternakanya dimana

        Suka

  2. Mau tahu pemasaran cepat kepiting bakau di jakarta.soalnya saya bisa dapat dari teman seminggu 30 kg.Saya ga tau harga yang pantAS.tHANKS.

    Suka

    • maaf saudara jorat kepiting bakau adalah salah satu komoditas perikanan yang mudah dalam pemasaran asalkan sesuai kriteria antara lain
      berat 250-500 gram/ekor bentuk badan utuh capit tidak patah yang mempunyai harga tinggi diantara adalah kepiting bakau merah dan hitam di katim harga kepiting super big size mencapai Rp.70.ooo-95.000/kg tingkat pengepul sedangkan kepiting bakau hijau hanya 15.000-20000/kg nya mas. silahkan anda hub restoran2 biar harga tinggi trims semoga bermanfaat dan sukses selalu

      Suka

    • Hallo P.Jorat,saya tertarik membeli kepitingnya,bisakah dikirim ke blitar-jawatimur?
      untuk info nya bisa dikirimkan ke email saya
      antoni_silver81@yahoo.com
      atau : 081 8038 99 567
      Trims.

      Suka

    • Pak kalau ada di Jkt sy bisa ambil Pak. Saudara sy pny restaurant; bpk punya kepiting apa, ukuran? Tolong langsung kabari ke 081280276352 Trims

      Suka

      • saya suplier kepiting dr cilegon banten,, pak akai menerima kepiting mulai ukuran minimal 150gr tdk??? thank

        Suka

        • Yg ukuran 150gram tsb jenis apa Ÿąå, kualitas lokal atau ekspor dan berapa /Kg nya?Saya supplier kepiting bakau di Jogja

          Silahkan bisa hubungi saya japri di email jonet83@gmail.com atau (sms) di 081802632583.

          Suka

  3. ada yang bisa bantu info benih udang galah di blitar atau sekitarnya ? saya lokasi di blitar dan sedang mencari benih udang galah.
    bisa menghubungi saya di 081 8038 99 567 atau
    antoni_silver81@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya.

    Suka

  4. alamt pasar ikan lele dan belut disertai harganya (khususnya di jawa timur) thanks

    Suka

  5. Saya mau nanya,harga ikan baung asap benar 30.000 per kilo.kalau benar saya mau membeli nya .dan kalau ada 200 kg saya ambil.saya bayar kes..serius.

    Suka

    • maaf mas itu harga tahun 2010 lalu belum di updete untuk 2011 harga saya ambil untuk wilayah sumatra

      Suka

  6. Bang,bisa bantu cari orang jual ikan baung asap..ukuran nya 2 ekor 1 ons…kalau bisa saya beli rp 90000 perkilo..dan ini nomor hp saya.085265064426

    Suka

    • ok nanti saya carikan info maaf mas apri tinggal dimanana terus kalo diluar pulau bagaimana

      Suka

  7. Saya tinggal di pekanbaru bg?dan cara pengiriman biasa nya pakai pesawat.kalau saya ngambil ikan dikalimantan barat pakai pesawat ke pekanbaru bg.kalau dapat satu kali seminggu masuk barang bg.

    Suka

  8. ada info tentang benih lobster mutiara?? mohon infonya pak. makasih

    Suka

    • Silahkan Hub BALAI BUDIDAYA LAUT LOMBOK

      Address:
      Dusun Gili Genting, Desa Sekotong Barat
      Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat
      Nusa Tenggara Barat
      PO BOX 1 Sekotong
      Indonesia

      Telephone: 0370 – 655467
      Fax: 0370 – 6162362

      atau hub

      menyediakan lobster ( pasir, mutiara, bambu) :
      – bibit lobster ukuran 2-3 cm harga Rp7500/ ekor, ukuran 3-5 cm harga Rp9500/ ekor
      – konsumsi jenis Pasir ukuran 1-5 ons harga Rp350000/ kg
      -konsumsi jenis Mutiara, bambu dll, ukuran 1-5 ons harga Rp300000
      Tn. Suharlan jatmiko
      E-mail: tovanoxedo@yahoo.co.id
      Nomer HP: 081803648262/0818360889
      Nomer Telpon: 0818360889
      Alamat: lombok
      mataram 1, Nusa Tenggara Barat
      Indonesia

      Suka

  9. Qun0te prytszyromrp, [url=http://lguxvkyjzspe.com/]lguxvkyjzspe[/url], [link=http://bydbhginspps.com/]bydbhginspps[/link], http://lmnqoieathvq.com/

    Suka

  10. Untuk semua peternak di luar pulau JAWA yg membutuhkan bibit :

    LELE

    GURAMI

    ,NILA

    ,PATIN

    ,BAWAL

    OMBRO

    NENER

    BENUR

    BELUT

    JUGA IKAN HIAS

    KAMI UD RK JAYA YG BERLOKASI DI KOTA PARE KEDIRI SIAP MELAYANI PESANAN SESUAI DGN PERMINTAAN KONSUMEN ,KAMI MENGUTAMAKAN KWALITAS DAN KWANTITAS BIBIT ,KAMI BERANI BERSAING.
    UNTUK PEMESANAN CALL :
    082141433978
    085735922492
    0354-7634030

    Suka

  11. Assalaam’alaikum, salam kenal!
    tolong dijelasin gimana prosedur pengiriman barang (lobster, ikan, dll) dari lombok ke luar daerah?, mulai dari pengurusan surat dan pemeriksaan sampel di balai karantina ikan hingga siap dikirim, sekalian biayanya. Trims sebelumnya

    Suka

    • maaf, silahkan hub balai karantina ikan setempat untuk uji sampel ikan dan biaya sampelnya masing-masing wilayah beda pak. setelah dapat surat dari karantina langsung cari jasa pengirimannya yang dikirim untuk cargonya silahkan hub maskapai penerbangan via udara dan agen kapal laut untuk via laut setahu saya itu aja pak biaya transport biasanya di bebankan ke pembeli/penerima sedangkan biaya uji dari karantina di tanggung pengirim

      Suka

  12. bs minta nmr telp pak dedi?

    Suka

  13. met pagi pak, sy mw tny harga beli kepiting hitam merah dan hijau, cz sy ada barang.sy di sorong papua

    Suka

    • kepiting super merah hitam berat 500gram up perkilo bisa tembus 50-100rb pak untuk bakau yg hijau hanya dihargai 10-15 rb saja

      Suka

      • pak jarot saya edi di surabaya saya mau beli kepiting hijau ukuran 150gr up jantan mohon info harga ke edivarun@gmail.com/08563330893

        trim

        Suka

    • Jenis kepitingnya kualitas apa Ÿąå?

      Suka

    • met siang pak udin, berapa harga kepiting bakau super(full daging) bap tawarkan, yang ukr: jantan 200gr up, jantan 300 up, jantan 500 up, jantan 700 up, betina telur 200 up, betina telur 250 up ? Harga franco bali?
      tolong hub saya di nomer : 0812 – 63706029. (kartono)Thanks

      Suka

  14. saya mencari kepiting bakau lokal/jawa.my phone 085706608779.di tunggu

    Suka

  15. Met siang Pak Jorat, kenalkan nama saya kartono, asal medan.
    Pak jorat saya mau nawarkan hewan belangkas / horse crab asal sumatera utara.
    untuk harga yang bertelur 30.000/ekor dan yang tidak bertelur 5.000/ekor. Belum termasuk ongkos kirim. Belangkas dalam kondisi mati segar ( di es ).
    apabila ada yang berminat , bisa menghubungi saya di no: 0812 63706029.
    Dan atau ke email saya : kartono30_salwa@yahoo.co.id.
    Terimakasih pak jorat

    Suka

  16. met siang pak jorat.
    Saya kartono, mau menawarkan takik/mata kima ( giant clamp) asal dari sumatera ( padang & aceh ). Takik/mata KIMA dalam keadaan kering. Kapasitas cukup banyak sekitar 30-50kg / minggu.
    Bagi ada agent/supplier yang berminat bisa mengirimkan penawaran beli kepada saya di email : kartono30_salwa@yahoo.co.id
    Di no HP : 0812 63706029
    Terimakasih

    Suka

  17. Met siang Pak Jorat.
    Saya kartono, mau menawarkan telur bulu babi / gonad ( sea urchin). Kapasitas barang sekitar 50-80 kg / minggu. Untuk harga pembelian, dapat mengirimkan penawarannya di email saya : kartono30_salwa@yahoo.co.id.
    No HP saya : 0812 63706029
    terimakasih pak jorat.

    Suka

  18. siang pak , saya berencana akan usaha kepiting hijau di daerah jawa timur .
    apakah saya bisa di bantu pasokan barang beserta perkembangan harga nya
    thanks

    Suka

  19. Salam kenal, sy lagi cari supplier teripang mhn info nya, kebutuhan 500kg-1 ton per bulan, mhn bantuannya. Tks.

    Suka

    • Saya ade dari kaltim,kami bs suplai kepiting bakau hijau baik jantan full daging maupun betina dengan dan tanpa telur secara kontinyu,dengan kwalitas eksport.utk jantan full daging size 300gr-500gr,500gr-700gr,700gr-1kg,1kg-up.utk betina dengan telur size 300gr-500gr,pengiriman dgn sterofoam,kondisi hidup dgn ikatan rafia,serta harga yg sangat kompetitif.utk info yg lebih lengkap anda bs menghubungi kami di:http://www.facebook.com/cv.deico atau email:cvdeico@gmail.com no telp:085654780057 (Ade firmansyah),087810829059 (ade firmansyah),085288199991 (adi cahyono).

      terimakasih

      Suka

    • Mw mnt suplai teripang jenis ap?sy ad teripang corosusu dan teripang nanas,,hubungi izul 082140470716

      Suka

  20. Saya ade dr kaltim,kami bs mensuplai kepiting bakau hijau jantan full daging dr size 300-500,500-700,700-1kg,1kg up.betina dgn dan tanpa telur size 300-500kg dg harga yg kompetitif,kami bs suplai secara kontineu.utk info harga dan lainnya bisa menghubungi saya di:www.facebook.com/cv.deico dan email:cvdeico@gmail.com
    Di no Hp :0856-5478-0057 (Ade firmansyah)
    0878-1082-9059 (Ade firmansyah)
    0815-1567-6369 (Adi cahyono)

    terimaksih

    Suka

  21. Yth, bapak yang cari supplier teripang,kelompok nelayan kami punya supply teripang asal pulau belitung, mohon bapak hub kami di 081929657216; kami juga sedang mencari pembeli udang cakrek dan belangkas, bagi bapak2 yang mempunyai informasi tersbut, mohon hubungi kami. Maman.

    Suka

  22. Mohon Info Pembeli Lobster Frozen(Mati) Didaerah Bali
    Ini No Hp Saya 081917472875

    Suka

  23. mas, ada ngak yang mau beli ikan baung sungai?

    Suka

    • biasanya baung sungai di jual dalam bentuk olahan baung asap atau salai harga per kg sekitar 70-90 rb

      Suka

  24. saya dwi di batam pak dan saya tertarik membeli belut siap konsumsi..apakah bapak melayani penjualan ke batam?berapa harga perkilo dan ketentuan jual belinya y pak?mohon infonya…terima kasih pak 🙂

    Suka

  25. yang butuh teripang silahkan pesan di 087701927333

    Suka

  26. Tolong minta info buyer untuk sidat laut tangkapan alam ukuran komsumsi mas..
    Bagi yang berminat bisa jg lgsng sms/hub di nmor: 085753309410
    Sy posisi makassar sulsel. Trims..

    Suka

  27. Ad gk yg jual bibit Lobster mutiara untuk daerah sul sel ???

    Mohon infonya ???

    Suka

    • Pak Idunhill.
      Saya Anton di Bali. Saya bisa pasok bibit lobster ukuran : 2cm-5cm. Asal bibit dr lombok. Jenis mutiara. Harganya : 9000/ekor. Quota : hingga 2000 ekor/minggu. Ongkir dibebankan ke pembeli.
      Nomer kontak saya : +6281263706029. Pin BB : 29FE9343. Email : kartono30_salwa@yahoo.co.id

      Suka

  28. saya rudy di padang. saya mencari pembeli lobster hidup/frozen di batam atau singapore, mhn info dr bapak2 ttg alamatnya, trimakasih

    Suka

  29. Silahkan yg butuh kepiting lokal jawa di 085292333533/ mohon sms dahulu

    Suka

  30. Silahkan yg butuh kepiting lokal jawa di 085292333533/ mohon sms dahulu. Tersedia berbagai ukuran..

    Suka

  31. butuh pembeli ikan budidaya (sunu’). Berminat beli silahkan comfirm di nope 085755543000

    Suka

  32. tentang surat karantina dan kesehatan hewan itu yg mengurusi dari pihak siapa pak?pembeli atau penjual?
    Lantas apakah ada uang jaminan agr supaya surat karantina itu bs keluar pak?Matur nuwun.

    Suka

    • Saya supplier kepiting bakau ukuran
      500g-6.99gr
      7gr – 9.99gr
      1KG Up kualitas ekspor
      Kalau berminat silahkan hubungi 087766130767/085276667880

      Suka

      • Saya supplier kepiting bakau ukuran
        500g-6.99gr
        7gr – 9.99gr
        1KG Up kualitas ekspor
        dari medan
        Kalau berminat silahkan hubungi 087766130767/085276667880

        Suka

    • pihak penjual tapi biayanya dibebankan ke pihak pembeli pak tidak ada uang jaminan yg ada biaya adminitrasi tergantung produk yang maukita beli

      Suka


Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.