Info Budidaya Ikan

Juni 1, 2011 pukul 2:15 pm | Ditulis dalam AQUACULTURE | Tinggalkan komentar

Benih Sidat ElverPelaksana Teknis Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan [Disnakan] Kabupaten Bandung Adjat Sudradjat mengatakan pihaknya sedang menjajaki dengan TM Consulting Jepang untuk pembudidayaan ikan sidat di UPTD Pembenihan Ikan Ciparay.

“Kami diminta menyediakan lahan seluas 1,2 hektare untuk pembudidayaan ikan sidat. Perusahaan asal Jepang itu mau menanamkan investasinya,” kata Adjat kepada Bisnis di ruang kerjanya, Rabu (13/2).

Investasi tersebut berupa penyediaan teknologi, penyediaan benih, penyediaan pakan, serta yang lainnya. Nantinya pembudidayaan ikan dilakukan dari pembenihan hingga pengolahan.

“Jika sudah panen ikan itu diambil dagingnya dan dibumbui khas Jepang yang selanjutnya akan dipasarkan di sana [Jepang] untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan restoran,” ujar Adjat.

Adjat menjelaskan pembudidayaan ikan sidat cukup berat karena mulai dari pembenihan hingga pembesaran memerlukan waktu cukup lama sekitar 1,5 tahun.

“Kapasitas panen ikan yang diproduksi rencananya 10 ton per bulan karena permintaan dari sana. Bisa terpenuhi atau tidak soalnya waktu pembesaran lama hingga 1,5 tahun,” katanya.

Selain waktu lama, katanya, suhu air untuk budidaya ikan sidat harus dengan cuaca panas antara 29 celcius-30 celcius, sementara suhu di Kabupaten Bandung hanya berkisar antara 23 celcius-26 celcius. (Sumber : Bisnis Jabar)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: